Aseptop KB baru didominasi oleh jenis KB suntik

sukandar 21 Januari 2020 09:52:18 WIB

Salam_SID. Tanggal 20 merupakan tanggal rapat koordinasi kader kesehatan Desa Salam, yang bertempat di balai Desa Salam. Di tahun 2020 ini ada beberapa kader yang di ganti karena ada yang sibuk mengurus anaknya yang baru lahir, dan ada juga yang pindah domisili. Kesempatan pertama di gunakan Kasi Pelayanan Desa Salam untuk menyampaikan beberapa informasi antara lain yaitu di tahun 2020 PMT PAUD tidak ada lagi dikarenakan keterbatasan anggaran dan juga karena siswa PAUD hampir semua juga sudah masuk mendapatkan PMT balita di Posyandu masing-masing padukuhan, kemudian terkait bahayanya minum air menggunakan rendaman akar fatimah bagi ibu yang mau melahirkan, karena bisa menyebabkan pendarahan, dan terakhir terkait himbaun terhadap virus/penyakit antrak yang bisa menular kepada manusia.

Kesempatan kedua di gunakan ibu Sri wahyuningsih menyampaikan hasil evaluasi pencapaian KB di wilayah Desa Salam di tahun 2019. Antara lain aseptop KB baru didominasi oleh jenis KB suntik, karena pertimbangan lebih mudah penggunaan dan memiliki resiko yang kecil,dan untuk jenis CO (kondom) hanya satu, hal ini karena alat kontrasepsi ini bisa di beli sendiri, dan tidak apat di pantau penggunaanya berbeda dengan alat kontrasepsi seperti IUD atau Inplan yang pemasanganya harus dilakukan oleh tenaga medis. Berikut daftar penggunaan KB pada aseptor baru di tahun 2019

NO

Jenis KB

Jumlah aseptor (Orang)

1

IUD

7

2

Inplan

5

3

suntik

12

4

Pil

4

5

CO

1

6

MOP dan MOW

0

 

Puskesmas Patuk satu di wakili Pak agung, ibu farhanita fauzi dan bu dokter Rizka irwa alviani Pada kesempatan ini pak agung menyampaikan quisioner kepada ibu-ibu kader terkait screening ganggun kecemasan dengan tujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi dan juga apakan masalah tersebut perlu pendampingan dari psikeater/psikolog. Diharapkan juga disemua padukuhan mengadakan dan mengikuti kegiatan BKL (bina keluarga lansia) dengan setiap bulan mengadakan kegiatan/pertemuan sehingga setiap lansia mendapatkan tambahan pengetahuan dan juga pemeriksaan kesehatan. ibu farhanita fauzi menyampaikan hasil pendataan ibu hamil dan melahirkan dari tahun 2019-2020 kemudian dikoreksi oleh ibu-ibu kader, dan apabila ada data yang tidak masuk agar bisa segera dilaporkan agar bisa di masukkan dalam data tersebut.

Dan kesempatan terakhir di gunakan dr Rizka irwa alviani menyampaikan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) karena di musim penghujan banyak air yang menggenang yang bisa digunakan untuk sarang nyamuk, dan juga informasi bahayanya virus antrak pada manusia dan cara pencegahan agar tidak menular kepada manusia, karena di gunungkidul banyak di temukan hewan sapi yang mati karena antrak dan juga beberapa kasus sudah menular kepada manusia sehingga perlu di rawat di rumah sakit dan satu pasien meninggal dunia.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Padukuhan

1. BARAN 2. GUNUNGMANUK 3. NGASEMAYU 4. SALAM 5. TROSARI 6. WADUK

Lokasi Salam

tampilkan dalam peta lebih besar