PELATIHAN KALTANA KALURAHAN SALAM DI HARI KE-4

akutagawa-san 20 Februari 2021 22:47:09 WIB

Salam-sid; pelatiahan Kaltana di hari ke-4 (19/2) menganalisa jika di suatu tempat terjadi bencana, bagaimana cara pemetaannya, maka dari itu dari masing-masing peserta Padukuhan disuruh membawa profil Padukuhan untuk di adopsi data yang diperlukan, seperti jumlah penduduk , ibu hamil, anak-anak, disabilitas dan juga jompo, selain itu untuk relawan Padukuhan juga di data yang nantinya akan dijadikan tim relawan penyelamatan.

selain itu penambahan materi pada siang hari ini penambahan materi bagi korban bencana yang mengalami trauma dan bagaimana penangannannya,

'sebuah bencana alam entah itu gempa bumi, tanah longsor dal yang lainnya sering meninggalkan trauma mendalam bagi mereka yang mengalaminya secara langsung. Baik bagi orang dewasa, maupun pada anak-anak yang kondisi emosionalnya belum stabil.

Trauma pada korban bencana alam tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Agar para korban bisa melanjutkan kehidupannya secara normal tanpa dihantui rasa takut. Oleh karena itu, dibutuhkan trauma healing atau pemulihan trauma pasca terjadinya gempa bumi.

Ada banyak cara yang bisa ditempuh dalam melakukan trauma healing. Pada anak-anak, trauma healing dapat dilakukan dengan beberapa metode, pertama melalui play therapy, lewat metode ini anak-anak diajak untuk mengatasi traumanya melalui media permainan.Dengan mengajak mereka bermain bisa membantu mengalihkan fokus anak dari situasi tidak kondusif menjadi menerima situasi yang sedang ia hadapi saat ini. Sedangkan pada orang dewasa, trauma healing dapat dilakukan dengan cara konseling. Trauma healing pada orang dewasa biasanya lebih mudah dilakukan, karena mereka bisa dengan mudah mengekspresikan apa yang dirasakannya secara verbal.Dengan cara konseling, trauma yang dialami oleh korban diharapkan bisa sedikit berkurang.Trauma healing menjadi salah satu kebutuhan vital bagi para korban bencana gempa bumi. Dengan trauma healing korban diharapkan bisa benar-benar sembuh dari traumanya dan bisa menjalani kembali kehidupannya sebagaimana sebelum mengalami bencana gempa bumi, ujar Ibu Asar Janjang Lestari

editor : asmuni

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Padukuhan

1. BARAN 2. GUNUNGMANUK 3. NGASEMAYU 4. SALAM 5. TROSARI 6. WADUK